Login

or


Email
Password

Mylooks

9 TIPS UNTUK KECANTIKAN WAJAH DAN RAMBUT DI BULAN PUASA

Siapa bilang saat puasa harus selalu lemas dan pucat? Happifyourworld punya cara jitu supaya kita tetap segar dan cantik walaupun sedang berpuasa!

Selama puasa ada rutinitas yang berubah, mulai dari nggak makan dan minum selama 12 jam, harus bangun sahur tengah malam, sampe kurangnya istirahat demi ngejar ibadah setahun sekali di bulan suci.

Perubahan ini udah pasti ada efeknya ke tubuh, khususnya buat para cewek. Gimana caranya biar kita tetap terlihat segar dan cantik, no mata panda dan lemes biarpun sedang berpuasa? Yuk lihat ke-9 tips mudah buat tubuh, kulit, dan rambut, biar pas Lebaran nanti makin kece!

 

TUBUH:

 

HINDARI TUBUH DARI DEHIDRASI

Ikuti rumus anti dehidrasi dengan minum 8 gelas sehari ini:

1 gelas saat bangun sahur, 1 gelas setelah sahur, 1 gelas saat berbuka, 1 gelas sehabis makan, 1 gelas setelah shalat isya, 1 gelas setelah tarawih, dan 1 gelas saat mau tidur.

 

BERBUKA DENGAN YANG MANIS

Kalimat ini bukan cuma kalimat “iklan”, makanan dan minuman manis sangat dianjurkan biar bisa ngembaliin gula darah yang sempat turun. Tapi pastikan yang kita konsumsi nggak cuma mengandung zat sukrosa, tapi juga glukosa dan fruktosa yang bisa ningkatin gula darah seperti yang ada pada kurma. Did you know, kalo kurma itu punya benefit lebih banyak dibanding buah lain? Buah kurma punya setidaknya 10 kelebihan. Dari jaga kesehatan tulang, kaya akan nutrisi, vitamin, iron, bantu sistem pencernaan (bagus buat diet karena bisa bantu nurunin berat badan), rendah kolesterol, ningkatin kesehatan otak, sampe menurut sebuah studi rutin makan kurma bisa bantu kesehatan janin dan ibu hamil!

 

ATASI BAU MULUT DENGAN MENYIKAT GIGI SEHABIS SAHUR

Bau mulut pas puasa itu wajar, hanya aja buat sebagian orang mungkin akan terganggu. Buat menyiasatinya, setelah sahur jangan lupa langsung gosok gigi secara menyeluruh. Sikat juga bagian lidah yang selalu jadi sarang kuman dari sisa makanan, kemudian lanjutin dengang berkumur pake obat kumur biar napas kita tetap segar lebih tahan lama.

 

KULIT:

 

PERHATIKAN KULITMU, JANGAN SAMPAI KERING

Bukan cuma dari dalam, kulit tubuh dan wajah juga perlu nutrisi dan hidrasi yang cukup selama kita berpuasa. Apalagi bila kita banyak beraktivitas di luar ruangan dan juga ruangan ber-AC yang mampu bikin kulit jadi lebih mudah kering. Pas mandi, hindarin pake air panas yang bisa ngilangin kelembapan kulit. Pake air dingin atau hangat kuku. Setelah mandi, pake pelembap kulit yang punya kandungan air atau pelembap yang lebih tingi dibanding lotion yang biasa kita pake sehari-hari. Pastiin lotion yang kita pake juga mengandung SPF buat menghindari kulit dari efek buruk sinar matahari.

Another trick, bawa hand lotion kemana-mana. Jadi kalo kita ngerasa kulit mulai kering bisa langsung diaplikasikan.

 

SPRAY AIR UNTUK MENYEGARKAN

Cara mudah lainnya untuk menjaga kelembapan kulit adalah dengan menggunakan spray berisi air yang berfungsi untuk menyegarkan kulit wajah kita. Nggak cuma air, kita juga bisa lho masukin potongan buah atau bunga dan daun biar wanginya segar. Sebelum dibawa, coba masukin dulu di kulkas biar bisa ngasih sensasi dingin. Jangan sampe keminum ya! Hehe.

 

JAGA BIBIR TETAP LEMBAP

Pas puasa, banyak orang punya masalah bibir kering, pecah-pecah, hingga terkelupas. Saat kayak gini, simpan dulu lipstick matte atau liquid lipstick dengan tingkat drying yang tinggi, ganti pake lip balm atau lipstik dengan kandungan extra moisturizer supaya bibir tetap lembap. Pilih yang ada warnanya juga biar wajah tetap terlihat fresh dan nggak pucat.

 

SAY NO TO MATA PANDA!

Its an old trick tapi ampuh! Kompres mata dengan kantong teh bekas yang udah didinginkan terlebih dahulu di kulkas. Kalo nggak punya tea bag, bisa pake batu es yang dibungkus handuk tipis, atau invest sedikit buat beli eye roll on dengan bahan yang menyegarkan kayak aloe vera dan lemon buat ngurangin efek sembap di bawah mata.

 

RAMBUT:

 

RAWAT RAMBUT LEBIH EKSTRA

Nggak cuma kulit tapi juga rambut punya potensi ngalamin perubahan selama puasa. Mau apapun jenis rambut kita, saat puasa problemanya akan meningkat satu level karena berbagai faktor. Rawat kulit kepala dengan rutin melakukan conditioning atau masker rambut. Sediain leave on conditioner (conditioner tanpa bilas) yang bisa dipake ketika rambut terasa kering.

Kalo rambut kita berminyak, oil spray atau minyak rambut dalam bentuk spray yang nggak akan bikin rambut (semakin) berminyak tapi masih bisa jaga kelembapannya. Trick: kalo malas keramas, bubuhkan bedak tabur di sisir, pangkal rambut dan kulit kepala lalu hair dryer seperti biasa. Bedak tabur bisa mengikat minyak berlebih dan bikin rambut jadi kayak habis keramas. Cara ini juga bisa dipake ketika rambut jadi lepek kena keringat ketika habis tarawih.

 

BERI WAKTU UNTUK RAMBUT BERNAPAS.

Rambut yang terlalu sering diikat, apalagi terlalu ketat bisa bikin rambut jadi rapuh dan mudah patah. Kalo kita selalu mengikat rambut karena gerah atau biar nggak ribet, coba sediain waktu di weekend untuk menggerai rambut supaya rambut bisa bernapas dan beristirahat. Nah buat yang berhijab, bisa pilih hijab yang agak panjang biar rambut bisa digerai atau pilih styling yang loose. Pilihan bahan hijabnya juga penting, gunakan bahan yang tipis serta ciput atau dalaman hijab yang berbahan katun biar bisa menyerap keringat dan ngasih sirkulasi udara ke rambut dan kulit kepala.


Foto: Shutterstock

Related Articles

CHIC CHOKERS

Kalung chokers yang sempat populer di tahun 1990-an, sekarang hits lagi.

Trend Kecantikan: Apa itu Cushion?

Apa sih cushion itu? Inovasi make up dan skin care dari dunia beauty ini bakal bikin kamu ketagihan!

Gaya Fashion Jeans Denim

Denim, atau yang lebih popular dengan Jeans merupakan style outfit yang multifunction, terutama the iconic blue jeans yang cocok di mix match dengan style apapun.

Membentuk alis dengan Stensil Alis

Membentuk alis dengan stensil alis memang merepotkan. Kalo alis nggak pas akan mempengaruhi muka. Nah dengan alat ini bisa membentuk atau menggambar alis sendiri.

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.