Login

or


Email
Password

Mylooks

CARA PILIH TONER YANG SESUAI DENGAN KULIT WAJAH

Jangan salah pilih, toner yang nggak tepat malah bisa bikin kondisi kulit dan skincare yang kita pakai jadi nggak maksimal.

Toner merupakan salah satu skincare yang punya fungsi penting buat kulit wajah kita. Nggak hanya membantu membersihkan sisa debu setelah kita cuci muka, toner juga bisa membantu menyeimbangkan pH kulit wajah, serta menyegarkannya.

Karena kulit wajah juga punya tipe yang berbeda, pastinya kebutuhan kulit akan toner juga nggak sama. Ada beberapa bahan aktif yang justru harus ada, atau bahkan dihindari oleh jenis-jenis kulit tertentu. Jenis toner yang ada juga banyak macamnya lho, jadi perhatikan hal-hal ini dulu sebelum kita memilih dan pakai toner untuk kulit wajah.

 

KENALI JENIS TONER WAJAH DAN FUNGSINYA UNTUK TIAP JENIS KULIT

Kita perlu tau kalau toner itu terbagi atas dua jenis, yaitu hydrating toner dan juga exfoliating toner. Seperti namanya, hydrating toner berfungsi untuk memberi dan menjaga kelembapan kulit, sedangkan exfoliating toner menitikberatkan fungsinya untuk pengangkatan sel kulit mati dan meregenerasi sehingga mempercepat tumbuhnya sel kulit baru. Buat lebih lengkapnya, kamu bisa cek artikel Semua Hal Tentang Toner di sini!

Jenis kulit juga menentukan tipe toner seperti apa yang cocok dan efektif untuk digunakan, jadi pastikan kita udah tau apa jenis kulit kita supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari toner yang kita pakai.

Kulit Kering

Buat pemilik kulit kering, kita harus jauh-jauh sama toner dengan kandungan alcohol. Hal ini dimaksudkan supaya kulit kita nggak tambah kering. Sebaliknya, kita bisa mencari jenis hydrating toner dengan kandungan Hyalunoric Acid yang bisa menjaga kelembapan kulit, atau glycerine, yaitu sejenis pelembap bersifat emollient yang melembutkan kulit. Nggak hanya bertekstur watery, kita juga bisa memilih toner yang berbentuk lotion agar kelembapan kulit terjaga.

Try: Hadalabo Gokyujun Ultimate Moisturizing Lotion, Cosrx Centella Water Alcohol Free, Klairs Supple Preparation Facial Toner, dan SK-II Facial Treatment Clear Lotion.

Kulit Berminyak

Buat si kulit berminyak, masalah paling besar biasanya wajah yang gampang mengkilap, dan rentan banget ditumbuhi jerawat (acne prone). Untuk itu, kita bisa pilih face toner jenis astringents, karena bisa mengecilkan tampilan pori-pori dan mengangkat sisa-sisa minyak yang nggak bisa diangkat oleh facial wash. Face toner jenis tersebut juga diyakini membantu membunuh bakteri dan penyebab jerawat.

Kita juga bisa mencari toner yang mengandung bahan exfoliating seperti Salicylic Acid atau Glycolic Acid, dan Amino Fruit Acid, untuk membersihkan kulit mati dan zat lain yang menyumbat pori-pori kulit wajah.

Try: SKIN1004 Madagascar Centella Asiatica Toning Toner, Innisfree Jeju Volcanic Pore Toner, PureHeals Propolis Softening Toner, dan Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner.

Kulit Kombinasi

Tanda paling jelas bagi kulit kombinasi adalah berminyak hanya di bagian T-Zone saja (dahi, hidung, dagu), sedangkan bagian lain cenderung kering. Untuk itu, kita bisa pilih toner dengan kandungan lactic acid atau asam laktat yang melembapkan, tapi juga cocok untuk semua jenis kulit tanpa menyumbat pori atau membuat daerah T-zone makin berminyak.

Try: The Ordinary Lactic Acid 10% + HA dan Clinique Clarifying Lotion 2

Kulit Sensitif

Kulit sensitif sebaiknya mencari toner mengandung Aloe Vera yang bersifat menenangkan kulit, ringan, dan pastinya yang nggak menggunakan alkohol dan parfum karena bisa memicu iritasi. Hindari juga pemakaian exfoliating toner dengan konsenterasi yang tinggi karena pada dasarnya kulit sensitif kurang bisa menahan reaksi dari bahan yang terlalu aktif.

Try: Nature Republic Soothing & Moisturize Aloe Vera Toner, The Body Shop Calming Aloe Toner, Thayers Alcohol Free Witch Hazel With Aloe Vera, Benton Aloe BHA Toner, dan Mario Badescu Aloe Vera Toner.

Hyperpigmentasi

Untuk kulit dengan warna yang nggak merata, di mana area tertentu lebih gelap dibanding bagian lainnya, maka kita bisa pilih toner berbahan vitamin C, licorice, dan kojic acid. Ketiga bahan tersebut bisa menghalangi timbulnya tyrosinase, enzim yang memicu pembentukan melanin yang membuat kulit menggelap.

Try: Pixi Vitamin-C Tonic dan Some By Mi Galactomyces Pure Vitamin C Glow Toner.

 

CARA MENGAPLIKASI TONER

Penggunaan toner juga bisa beragam banget, tergantung dari jenisnya. Cara ini dilakukan supaya bahan aktif di dalamnya bisa bekerja dengan maksimal ke dalam kulit.

Menggunakan Kapas

Memakai toner menggunakan kapas memang cara yang paling aman, tapi metode ini paling ampuh untuk mengatasi kulit berminyak dan kombinasi. Soalnya kapas bisa berfungsi sebagai exofiliator ringan dan melembutkan kulit kita. Selain itu, kapas bisa mengangkat kelebihan minyak dan kotoran dengan lebih sempurna. Kita aplikasikan toner dengan kapas, mulai dari tengah baru ke bagian luar wajah ke arah atas untuk menghindari kulit jadi gampang kendur.

 

Tepuk-tepuk ke wajah

Metode ini cocok untuk kulit kering dan sensitif, karena dengan cara ini membuat toner yang dipakai langsung menyentuh ke kulit, membuat wajah lebih terhidrasi, dan menghindari kulit dari gesekan aplikator (kapas) yang bikin kulit jadi iritasi. Telapak tangan kita yang memberi suhu hangat, serta gerakan menepuk yang berulang bisa bikin toner lebih cepat menyerap ke kulit kita.

 

Dijadikan Sheet Mask

Nah untuk yang memiliki kulit sangat kering, kita bisa mencoba menjadikan toner menjadi bahan sheet mask. Caranya adalah basahi kapas dengan toner dan tempelkan ke kulit, biarkan selama 5 sampai 10 menit dan langsung lanjutkan ke produk skincare kita yang lain setelahnya.


Foto: Shutterstock

Related Articles

CHIC CHOKERS

Kalung chokers yang sempat populer di tahun 1990-an, sekarang hits lagi.

Trend Kecantikan: Apa itu Cushion?

Apa sih cushion itu? Inovasi make up dan skin care dari dunia beauty ini bakal bikin kamu ketagihan!

Gaya Fashion Jeans Denim

Denim, atau yang lebih popular dengan Jeans merupakan style outfit yang multifunction, terutama the iconic blue jeans yang cocok di mix match dengan style apapun.

Membentuk alis dengan Stensil Alis

Membentuk alis dengan stensil alis memang merepotkan. Kalo alis nggak pas akan mempengaruhi muka. Nah dengan alat ini bisa membentuk atau menggambar alis sendiri.

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.