Login

or


Email
Password

Mylooks

8 KESALAHAN SKIN CARE YANG NGGAK SADAR SERING DILAKUKAN

Punya kulit yang bersih, sehat, long-lasting (a.k.a awet muda) adalah dambaan tiap orang, khususnya cewek. Makanya kita tiap saat selalu memperhatikan dan mengupdate formula skin care apa aja yang dibutuhkan biar kulit kita tetap oke. Dengan segala jenis usaha dan biaya yang dikeluarin, pastinya kita ingin dapetin hasil yang diinginkan dong, tapi gimana kalo ternyata skin care yang kita lakukan salah dan tanpa kita sadari?

Di artikel ini Happifyourworld ngerangkum 8 kesalahan skin care, dan kesalahan skin care tersebut tidak terpaku pada pemakaian produk aja tapi lebih dititik beratkan pada kebiasaan buruk yang bisa bikin kulit kita aging lebih cepat.

 

TENTANG SIKLUS HIDUP KULIT

Sebelum masuk ke topik, kita harus tahu dulu nih tentang sebenarnya apa sih yang terjadi sama kulit kita, kenapa kulit yang muda (kencang) bisa jadi tua (keriput).

So, kulit tubuh itu dipengaruhi dari kombinasi lingkungan, kondisi mental, dan juga produk yang kita pakai. Sehingga (tergantung umurnya) apa yang kita lakukan dan kita pakai akan mempengaruhi seberapa bagus dan sehatnya kulit kita. Lengkapnya bisa kamu baca di artikel tentang SIKLUS HIDUP KULIT.

 

8 KESALAHAN SKIN CARE YANG SERING NGGAK SADAR KITA LAKUKAN

Atau mungkin sadar hanya aja agak sedikit malah untuk ngubah kebiasaan ini.

 

TERLALU KASAR MENGGOSOK KULIT WAJAH

Terutama di area sekitar mata yang lapisan kulitnya lebih tipis dibanding lapisan kulit lain. Kalo mau dibandingin, kalo lapisan kulit lain kayak batang daun, kulit sekitar mata itu kayak kelopak bunga jadi kebayang kan kalo digosok keras kayak apa. Nah hal ini sering nggak sadar kita lakuin pas lagi ngebersihin eye makeup. Gosokan kasar yang dilakukan berulang-ulang bisa dengan mudah nge-create garis-garis halus dan munculin keriput mata. Termasuk juga ketika kita nge-stretching ujung mata pas mau aplikasiin eyeliner.

Jadi kalo mau bersihin eye makeup, coba mata ditap pake kapas lalu tahan 10 detik baru gerakin memutar perlahan. Atau bisa juga pake cleansing oil dengan cara memijat memutar di area mata, kita juga bisa sekaligus memijat wajah untuk melancarkan peredaran darah. FYI, Ini berlaku untuk semua wajah ya, lakukan gerakan memutar perlahan ke atas (bukan ke bagian bawah) supaya kulit nggak menurun.

 

HINDARI TIDUR DENGAN POSISI MENEKAN SALAH SATU BAGIAN WAJAH

Seiring bertambahnya umur dan pengaruh dari terkena sinar UV, kulit kita nggak punya kemampuan elastisitas yang sama seperti sebelumnya, sehingga bila ditekan di area yang sama terus menerus bisa nyebabin garis-garis halus. Apalagi kalo kita jarang mengganti bantal, tinggi bantal atau posisi bantal salah, serta jarang mengganti sarung bantal... Wow sebanyak apa tuh bakteri yang lagi “arisan” di situ?

Pola tidur juga sangat penting, ada jam-jam tertentu tubuh me-regenerasi dan memperbaharui sel jaringan tubuh yang mana hal ini akan berpengaruh ke kondisi kulit.

Di sini juga perlu ditekankan. Kurang tidur, stres dan over-thinking bisa bikin kondisi kulit rusak. Yang paling mudah terlihat adalah munculnya jerawat karena ketidakseimbangan hormon akibat stres dan kurang tidur tersebut. Biasanya jerawat akan muncul di area dagu dan jawline, jadi kalo kita banyak muncul jerawat di area ini padahal udah rajin ngerawat muka, mungkin ini karena mental dan fisik kita butuh istirahat.

 

DON’T UNDER HYDRATE AND UNDER MOISTURIZE

Bukan cuma perut yang butuh makanan tapi kulit juga perlu. Nutrisi kulit datang dari makanan dan produk skincare yang kita pakai sebagai supporter tambahan. Hidrasi artinya jumlah air di dalam sel-sel kulit, and in terms of skincare products adalah water based products (misalnya produk kandungan Hyaluronic Acid).  Jika kulit kita terhidrasi sempurna, kulit akan terasa plump, lembut, dan kenyal kayak bantal. Dan kalo kulit nggak terhidrasi dan lembap sempurna, bayangin aja tanah tandus yang penuh retakan ditambah bonus garis halus dan warna yang nggak rata.  

MENYENTUH WAJAH DENGAN TANGAN

Ngaku deh, kadang kita suka gatel pingin mencet jerawat, ngeluarin komedo atau sekedar nyentuh kulit wajah karena mati gaya. Kebiasaan ini HARUS banget diberhentiin. Simply karena kulit wajah kita tuh udah kena kotoran dan debu dari udara, masa masih mau ditambah bakteri dari tangan yang nggak tahu udah megang apaan aja, kasihan dong kulit wajah kita.

 

USAHAKAN PAKE SUNSCREEN SECARA RUTIN

Did you know kalo sunscreen itu produk skincare nomor satu PALING EFEKTIF yang bisa ngelindungin kolagen dan elastisitas kulit kita, sekaligus nyiptain tameng untuk menghadang radikal bebas, sinar UV, hyperpigmentasi dan ngelawan penuaan? NOW YOU KNOW SO DON’T FORGET TO USE IT!

 

BATASI KONSUMSI GULA

Bad bittersweet news, cewek dan gula adalah teman sejati tapi gula dan kulit itu musuh bebuyutan. So we are stuck in between, in this love triangle. Kolagen dan produksi elastin secara alami akan menurun seiring bertambahnya umur, dan gula akan mempercepat proses tersebut apalagi kalo kita terlalu banyak mengkonsumsinya. Gula ini bukan cuma gula dalam bentuk gula pasir ya, tapi yang ada dalam pemanis buatan, kue, roti, dan lain sebagainya. Kenapa gula bikin mempercepat proses penuaan kulit? Karena penjelasannya terlalu ilmiah, singkatnya gula men-trigger dan mengaktivasi produksi sebum (minyak) di pori dan kita tahu hal ini akan munculin breakout seperti jerawat dan komedo. Dan nggak terbatas pada umur, ini alasan kenapa cewek yang udah dewasa pun masih bermasalah dengan jerawat.

 

JANGAN MEROKOK, PASIF ATAUPUN AKTIF

Merokok bisa dibilang kebiasaan paling menyakitkan buat kulit, selain dari organ-organ tubuh, biarpun kita perokok pasif. Asap rokok mengandung karbonmonoksida yang menghalangi kulit kita mengkonsumsi oksigen dari luar dan dalam tubuh, di dalam tubuh Karbonmonoksida menyempitkan pembuluh darah sehingga darah nggak mengalir sempurna ke wajah dan tubuh. Selain itu, nikotin menurunkan intensitas aliran darah sehingga bikin kulit kering dan perubahan warna wajah. Inilah kenapa para perokok umumnya kulitnya terlihat kusam, nggak sehat, dan beberapa studi setuju merokok bisa mempercepat penuaan.

 

JANGAN BURU-BURU MENGGANTI PRODUK SKINCARE TANPA MEMBERI WAKTU (UNTUK KULIT DAN PRODUK TSB) UNTUK MENUNJUKKAN KINERJANYA.

Yes, kita nggak bisa hindarin tergoda sama produk baru yang pas direview hasilnya bagus. Mencoba berbagai produk skincare sih nggak dilarang tapi perhatikan juga periode waktu pemakaiannya. Menurut para ahli, setidaknya produk skincare bisa nunjukkin hasil dalam waktu 1-3 bulan, terlepas apakah nunjukkin reaksi positif atau negatif. Nah di saat kita lagi pake produk skincare A kurang dari sebulan, jangan langsung buru-buru ganti ke produk skincare B. Kulit yang udah atau lagi sedang menyesuaikan produk skincare A tentunya pasti langsung kaget karena dikasi formula yang berbeda. Kalau mau mengganti produk, beri rentang waktu kira-kira 3-7 hari buat si kulit beristirahat dulu baru deh kita bisa coba pake produk skincare lain.   

 

Nah kira-kira ini 8 kesalahan skin care yang sering tanpa sadar kita lakukan. Perlu diingat sekali lagi, kulit kita terpengaruh dari dalam dan luar, mau pake produk skincare semahal dan se-high brand apapun akan sia-sia kalo bad habit kita nggak diperbaiki. Dan pastikan untuk selalu berkonsultasi dulu sebelum nyobain pake produk skincare.


Foto: Shutterstock    

Related Articles

CHIC CHOKERS

Kalung chokers yang sempat populer di tahun 1990-an, sekarang hits lagi.

Trend Kecantikan: Apa itu Cushion?

Apa sih cushion itu? Inovasi make up dan skin care dari dunia beauty ini bakal bikin kamu ketagihan!

Gaya Fashion Jeans Denim

Denim, atau yang lebih popular dengan Jeans merupakan style outfit yang multifunction, terutama the iconic blue jeans yang cocok di mix match dengan style apapun.

Membentuk alis dengan Stensil Alis

Membentuk alis dengan stensil alis memang merepotkan. Kalo alis nggak pas akan mempengaruhi muka. Nah dengan alat ini bisa membentuk atau menggambar alis sendiri.

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.