Login

or


Email
Password

Mylooks

MAKEUP JEPANG VS KOREA, PILIH MANA?

Biarpun jarak kedua negara gak begitu berjauhan, tapi makeup style Jepang dan Korea berbeda lho. Dibanding makeup style Korea yang mengutamakan natural dan fresh look, makeup Jepang bisa dibilang punya ciri khas ngebuat wajah mereka jadi doll look atau kawai look. Dan gak ragu buat bereksperimen. Penasaran kayak apa sih perbedaan mendasar kedua makeup style ini secara detail, lanjut baca di bawah!

 

ALIS / EYEBROW

Makeup Korea punya ciri khas alis yang straigh (lurus) dan natural, bahkan terkadang bulu-bulu halus alisnya masih harus terlihat, pensil alis buat mereka hanya untuk merapihkan aja. Menurut pada K-beauty blogger, alis yang lurus dan tidak terbentuk tapi rapih ini bikin muka mereka terlihat lebih muda dan alami. Bahkan sampai orang tua (ahjumma) masih menerapkan trik alis ini sampe sekarang. Nah kalo orang Jepang sendiri ada sedikit pengaruh dari makeup western. Alis mereka sedikit terbentuk dengan ujung yang agak naik, lancip dan alisnya dibikin lebih tebal, walaupun gak se-bold dan se-arched makeup western.

 

BULU MATA / EYELASHES

Buat makeup Jepang, mereka suka banget dengan bulu mata yang lentik dan panjang makanya fake eyelashes yang fancy jadi beauty item favorit. Bulu mata seperti ini bikin mata mereka terlihat besar kayak boneka atau karakter manga, dan kalo perlu di bagian bawah mata juga perlu dipakein fake eyelashes. Sedangkan makeup Korea sebaliknya. Mereka jarang pake bulu mata palsu kalo gak butuh banget. Baru kalo bulu matanya tipis mereka akan pake fake eyelashes, itupun yang natural.

 

PERONA PIPI / BLUSH ON

Makeup Korea cenderung pake blush on yang warnanya senada sama warna kulit dan benar-benar diapply tipis-tipis, jadi hampir gak terlalu kelihatan. Gak se-prominent (terlihat) kalo orang Jepang pake blush on. Karena intinya cuma buat wajah mereka terlihat lebih fresh dan gak dull. Beda dengan makeup Jepang, mereka suka pake blush on, terutama yang berwarna pink, peach, atau pink coral. Bahkan sampe ada satu style make up yang memfokuskan pada blush on, yaitu “Igari” makeup.

Igari makeup atau hangover look adalah tren makeup yang ngasih kesan merona pada bawah mata hingga pipi, yang bikin kita terlihat lebih cute. Buat ngedapetin Igari look yang kita perluin cuma blush on warna pink coral lalu ditepuk bikin gradasi dari bagian tengah hingga ke arah luar berbentuk bulatan. Tips, karena yang mau kita hilite adalah blush on jadi pastiin eye makeup dan lipstik yang kita pake jangan lebih menonjol.

 

EYELINER

Sama kayak eyelashes, di makeup Jepang eyeliner tebal jadi ciri khas mereka. pengaplikasian eyeliner lebih bold. Untuk beberapa style seperti Harajuku style pemakaian eyeliner lebih prominen dengan an dibikin wing dari sudut ujung mata dan ditarik lagi ke mata bagian bawah, lalu digambar alis di bawahnya. Ini buat ngebentuk ilusi supaya mata jadi terlihat lebih besar dari aslinya.

Sedangkan buat eyeliner makeup Korea, biarpun sama-sama pake wing di ujung mata tapi seperti terlihat menyatu dengan bulu mata dan di-apply di area dalam bulu mata atas. Untuk makeup Korea dan Jepang, di bagian waterline sama dan di ujung mata, dipakein eyeliner dan eyeshadow warna putih untuk ngasih kesan fresh look.

 

EYESHADOW

Eyeshadow yang diaplikasikan makeup Korea biasanya warnanya soft dan shimmery. Bahkan sebagian warnanya almost nude dan untuk ngasi efek 3D supaya area mata kita gak flat dan tetap terlihat hidup, sesuai sama ciri khas makeup Korea yang calming dan fresh. Sedangkan buat makeup Jepang bisa dibilang mereka lebih bereksperimen dengan warna-warna. Mereka gak ragu buat pake warna-warna pelangi, bold dan cerah seperti biru, orange, dan ungu. Kita bisa ngeliat pengaplikasian eyeshadow seperti ini buat Harajuku style atau Ganguro buat nunjukin kesan ceria dan fun.

 

BIBIR / LIPS

Makeup Korea tentu aja gak bisa lepas dari the infamous gradient lips-nya yang masih jadi trend sampe sekarang. Kalo dulu gradient lips efek glossy, sekarang gradient lip juga bisa pake lipstik matte dengan gabungin dua warna berbeda, warna yang lebih gelap untuk di bagian dalam dan terang untuk di bagian luar. Tapi teknik gradient lips ini juga bisa hanya dengan satu lipstick dengan cara bagian gelap di-apply berkali-kali dan bagian luar di-smudge atau dibikin tipis. Buat makeup Jepang, mereka suka banget dengan bibir glossy dengan warna cerah untuk mendukung tampilan style cute-nya. Untuk trend lip makeup Korea dan Jepang, sedikit mirip nih (kalo gak mau dibilang sama), yaitu duck lip atau full (kissy) lip. Ini adalah style di mana bibir kita dibikin penuh (kayak bibirnya Kylie Jenner) dan agak dimonyongin sedikit. Full lips seperti ini ngasih kesan sexy dan cute secara bersamaan.

 

Nah seperti inilah perbedaan mendasar gaya makeup Korea dan Jepang. Keduanya punya ciri khas unik yang bisa bikin tampilan kita oke, tinggal dipilih aja mana yang sesuai gaya makeup kamu.


Foto: Pinterest   

Related Articles

CHIC CHOKERS

Kalung chokers yang sempat populer di tahun 1990-an, sekarang hits lagi.

Trend Kecantikan: Apa itu Cushion?

Apa sih cushion itu? Inovasi make up dan skin care dari dunia beauty ini bakal bikin kamu ketagihan!

Gaya Fashion Jeans Denim

Denim, atau yang lebih popular dengan Jeans merupakan style outfit yang multifunction, terutama the iconic blue jeans yang cocok di mix match dengan style apapun.

Membentuk alis dengan Stensil Alis

Membentuk alis dengan stensil alis memang merepotkan. Kalo alis nggak pas akan mempengaruhi muka. Nah dengan alat ini bisa membentuk atau menggambar alis sendiri.

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.