Login

or


Email
Password

Mylooks

TIPS MENGENDALIKAN PRODUKSI MINYAK DI WAJAH!

Punya kulit berminyak terkadang suka bikin kesal karena kulit wajah selalu mengkilap dan licin akibat produksi minyak wajah yang berlebih. Tapi nggak usah kuatir, ada kok beberapa tips dan trik untuk mengendalikan produksi minyak biar wajah nggak keliatan kayak kilang minyak. Yuk simak tipsnya di sini!

 

 

JANGAN CUCI MUKA TERLALU SERING

Kulit berminyak emang rentan kotor dan bikin kita nggak nyaman, sehingga selalu ada keinginan buat cuci muka. Ternyata hal ini nggak disarankan lho. Kalo kita terus menerus membersihkan minyak di wajah, minyak malah akan memproduksi lebih banyak lagi untuk melindungi kulit. Yup, sebum minyak pada kulit nggak selalu buruk, salah satu fungsi minyak wajah untuk melindungi dan melumasi kulit supaya tetap kenyal. Makanya kalo nggak perlu-perlu amat, jangan mencuci wajah terlalu sering. Cukup 2-3 kali sehari.

Dan gunakan oil cleanser terutama ketika kita habis beraktivitas. Oil cleanser akan lebih efektif untuk membersihkan dan menghilangkan minyak berlebih tanpa bikin kulit kita jadi kering dan ketarik.

 

PAKE PEMBERSIH YANG LEMBUT

Kebanyakan orang yang punya kulit berminyak cenderung milih pembersih wajah yang bisa bikin kasat, padahal seharusnya kita memilih pembersih yang punya formula lembut. Kalo kita si pemilik wajah berminyak memakai pembersih semacam ini, atau yang mengandung SLS (sodium lauryl sulfate), minyak berlebih di wajah hanya akan hilang sementara, sebaliknya malah bikin kulit dehidrasi karena kelembapan alaminya hilang dan yang ada malah kulit memproduksi minyak lebih banyak untuk mengatasi kekeringannya. Jadi, pilih pembersih yang lembut dan juga bisa menutrisi kulit sehingga produksi minyak tetap terkontrol sekaligus bisa melembapkan kulit.

Untuk air pembilas, kalo bisa gunakan air hangat. Jangan air yang terlalu panas atau pun dingin. Air hangat bisa merileksasi kulit dan membuat produksi minyak di wajah keluar dengan takaran yang pas.

 

JAGA HIDRASI KULIT WAJAH

Ini adalah tips paling penting, jaga hidrasi kulit berminyak kita. Semakin kering kulit kita, akan semakin banyak minyak yang dihasilkan. Pilih produk-produk skin care yang lembut yang bisa menghidrasi kulit dengan baik. Dan tetap gunakan pelembap. Ini nih salah satu mitos kulit berminyak yang sering disalah gunakan. Kulit berminyak tetap perlu pelembap untuk semakin menjaga kekenyalan kulit, hanya takarannya aja yang perlu diperhatiin. Untuk di area T (dahi, hidung, dagu), cukup sedikit aja, sedangkan untuk di area U (pipi) apply sedikit lebih banyak.

 

JANGAN MALAS UNTUK EKSFOLIASI

Selain membersihkan muka, eksfoliasi kulit secara teratur juga penting buat kita yang punya kulit berminyak. Karena kalo nggak dieksfoliasi, kelebihan sel kulit mati hanya akan menyumbat pori-pori dan membuat kulit dehidrasi. Hal ini bisa terjadi karena penumpukan sel kulit mati akan mencegah produk skin care untuk menembus kulit secara efektif, jadi sia-sia deh udah beli produk mahal-mahal. Akibatnya, kulit jadi kusam dan kering, lalu minyak alami yang tugasnya untuk melumasi kulit jadi nggak bisa menjalankan tugas utamanya dengan baik.

 

DAN JANGAN LUPA UNTUK MASKERAN SECARA RUTIN

Masker yang disarankan buat kita si kulit berminyak adalah clay mask. Bahan clay ampuh membersihkan secara dalam (deep cleansing) untuk mengeluarkan kotoran dan minyak serta mengurangi produksi minyak untuk membersihkan wajah secara menyeluruh. Kita bisa pake clay mask seminggu sekali, dan jangan lupa untuk selalu mengapply hydrating products seperti hydrating toner supaya kelembapan kulit nggak terkikis.

 

KURANGI PAKE KERTAS MINYAK TERLALU SERING

Ternyata pemakaian kertas minyak untuk touch up nggak terlalu disarankan lho. Kertas minyak hanya akan bikin kulit memproduksi minyak lebih banyak. Kalo kita mau mengurangi kadar minyak di wajah, atau sekedar mengurangi kilapan lebih baik pake tisu halus. Biasanya kan tisu ada rangkap dua, nah coba pisahkan sehingga tisu jadi lebih tipis, setelah itu kita tekan-tekan dengan lembut ke wajah. Minyak wajah akan menempel ke tisu dan bikin tampilan wajah terlihat lebih matte tanpa membuatnya memproduksi minyak lebih banyak.

 

PERBAIKI ASUPAN MAKANAN YANG KITA KONSUMSI & JAGA LIFESTYLE

Mau secanggih apapun produk skin care tapi perawatan kulit juga harus diimbangi dengan perawatan dari dalam tubuh. Produksi keluarnya minyak juga bisa dipicu dari reaksi hormonal yang dipengaruhi oleh makanan yang kita makan dan apa lifestyle kita.

Kalo produksi minyak di wajah sangat berlebih, coba deh perbaiki lifestyle dengan rajin makan-makanan sehat dan mengkonsumsi lebih banyak buah atau sayuran. Selain itu, jangan malam untuk berolahraga supaya racun dalam tubuh bisa keluar melalui keringat dan sekaligus menghilangkan stress, yang bisa berpengaruh pada kesehatan kulit wajah.


Foto: Shutterstock   

Related Articles

CHIC CHOKERS

Kalung chokers yang sempat populer di tahun 1990-an, sekarang hits lagi.

Trend Kecantikan: Apa itu Cushion?

Apa sih cushion itu? Inovasi make up dan skin care dari dunia beauty ini bakal bikin kamu ketagihan!

Gaya Fashion Jeans Denim

Denim, atau yang lebih popular dengan Jeans merupakan style outfit yang multifunction, terutama the iconic blue jeans yang cocok di mix match dengan style apapun.

Membentuk alis dengan Stensil Alis

Membentuk alis dengan stensil alis memang merepotkan. Kalo alis nggak pas akan mempengaruhi muka. Nah dengan alat ini bisa membentuk atau menggambar alis sendiri.

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.