Login

or


Email
Password

Whatsnow

7 FILM DENGAN PLOT TWIST KEREN

Film Joker (2019) yang diperankan oleh Joaquin Phoenix sukses bikin kita shock karena plot twistnya yang nggak disangka-sangka. Plot twist emang salah satu unsur yang bisa bikin sukses film atau drama sehingga selalu diingat-ingat penontonnya. Nah selain Joker (2019), ada film apa lagi sih yang punya plot twist keren?

 

WARNING! Artikel ini mengandung spoiler yang akan mengurangi keasyikan kamu menonton!

 

GONE GIRL (2014)

Gone girl yang diangkat dari novel berjudul sama ini adalah film psychological thriller yang bikin kita bakal ngeringis gemas, dan bikin perasaan campur aduk. Cerita dibuka ketika Amy Elliot Dunne (Rosamund Pike) hilang dari rumah tanpa ninggalin kabar apapun termasuk ke suaminya, Nick Dunne. Kabar hilangnya Amy ini sontak bikin geger kota dan akhirnya jadi berita viral. Polisi yang menginvestigasi kasus Amy berpikir ada yang aneh karena nggak ada tanda-tanda kerusakan, dan tim forensic nemuin noda darah yang membuat mereka berpikir jangan-jangan Amy dibunuh oleh Nick. Netizen yang awalnya bersimpati jadi menyerang balik Nick dan menjudge Nick sebagai sociopath. Apalagi setelah ditemuikannya fakta-fakta dan diary yang diperkirakan ditulis Amy kalo dia ngerasa terisolasi karena ternyata Nick berselingkuh dan melakukan kekerasan. Ini yang bikin detektif kepolisian berasumsi kalo Nick sudah membunuh dan nyembunyiin jasad Amy.

(SPOILER!)

Little did they know, Amy ternyata masih hidup dan mengganti penampilannya. Amy merencanakan scenario supaya Nick jadi tersangka pembunuhan “dirinya” dan endingnya Nick akan “bunuh diri” karena nggak tahan sama kesalahannya. Selain itu, Amy yang sweet ternyata nggak sepadan sama kelakuannya. Nick menemukan fakta setelah bertemu ex-pacar Amy yang cerita kalo mereka pernah dimanipulasi oleh Amy (walaupun nggak separah Nick). Dalam pelariannya, Amy yang kecurian mendatangi salah satu mantannya, Desi Collings. Desi yang dibohongi Amy percaya kalo Amy disiksa Nick dan melindungi dia di rumahnya tanpa sadar kalo dirinya akan jadi korban Amy berikutnya. Endingnya nggak akan disangka-sangka dan ini bakal bikin kita nggak habis pikir kalo orang kayak Amy itu ada di dunia ini.

 

THE OTHERS (2001)

Film yang dibintangi Nicole Kidman ini bergenre psychological horror, kalo kamu takut sama hantu-hantu dan jump scare, mungkin film ini bukan film yang tepat buat kamu. But its really worth to watch.

The Others berlatar belakang tahun 1945 dengan nuansa kelam dan gloomy. Grace Stewart tinggal Bersama tiga pelayan dan dua anaknya, Anne dan Nicholas, yang menderita photosensitivity (sensitive terhadap cahaya). Karena penyakit langkanya ini, rumah yang mereka tinggalin pun terlihat gelap biarpun siang hari (makin seraaam!). Suatu hari kejadian aneh mulai muncul, Grace mulai berpikir kalo mahluk halus menggangu mereka. Terlebih ketika Anne bilang dengan polosnya kalo ada sekelompok orang yang terdiri dari pria, wanita, wanita tua, dan anak kecil bernama Victor di dalam rumah mereka. Semakin hari kejadian aneh pun semakin banyak bermunculan. Mulai dari suara tapak kaki, unknown voices, suara piano yang membuat Grace memerintahkan pelayan untuk “membersihkan” rumah itu. Suatu saat Grace nemuin foto album yang berisi foto-foto kuno, salah satu pelayannya Mrs.Mills bilang kalo foto album “book of the dead” tersebut adalah album pemakaman di mana orang yang sudah meninggal akan difoto sebagai “kenang-kenangan”.

(SPOILER!)

Suatu saat, Grace meminta salah satu pelayan untuk ke kuburan yang ada di dekat rumahnya untuk mengecek apakah ada nisan bernama Victor, tapi di sana Mrs.Mills malah meminta pelayan itu untuk jangan bilang apa-apa dan menyembunyikan beberapa nisan dengan potongan daun. Tiba-tiba besok paginya semua tirai di rumah terbuka, hal ini bikin Grace marah dan mengusir semua pelayan dari rumah karena dinilai lalai melakukan tugasnya sehingga membahayakan Anne dan Nicholas. Merasa penasaran, kedua anak Grace pergi ke kuburan dan nemuin nisan yang disembunyikan Mrs.Mills dan melihat nama-nama pelayan tertera di nisan tersebut. Bersamaan, Grace nemuin foto-foto -foto jasad tepatnya- para pelayannya ada di dalam album “book of the dead”. Anne dan Nicholas yang ketakutan karena didatangi Mrs.Mills, bersembunyi di kamar dan ditemukan oleh wanita tua yang ada di dalam “kelompok orang” yang dilihat Anne sebelumnya. Sedangkan Mrs.Mills dan para pelayan yang kembali ke rumah, menemui Grace dan memintanya untuk berbicara dengan “kelompok orang” tersebut. Di sinilah Grace akhirnya menemukan fakta, kalo ternyata dia adalah hantu yang mendiami rumah tersebut dan dia jugalah yang membunuh anak-anaknya sebelum akhirnya bunuh diri.

 

MEMENTO (2000)

Plot twist rumit? Memento lah jawabannya. Film arahan sutradara Christopher Nolan ini butuh konsentrasi tinggi, meleng dikit dijamin kita akan jadi bingung dengan jalan ceritanya. Memento bercerita tentang Leonard Shelby (Guy Pearce) yang punya trauma masa lalu, menderita anterograde amnesia (inability to form new memories) dan juga menderita short term memory loss tiap 5 menit. Leonard mencari orang yang menyerangnya serta membunuh istrinya dengan menggunakan system foto polaroid dan tato buat nge-track informasi yang nggak bisa dia ingat. Di sinilah Leonard bertemu beberapa tokoh lain untuk menemukan siapa sih sebenarnya yang membunuh istrinya.

Memento terdiri dari dua sequences yang berbeda, sequences hitam-putih yang ditunjukkan secara kronologis, dan sequences berwarna yang ditunjukkan secara terbalik, sekaligus nunjukin situasi mental si tokoh.

(SPOILER!)

Well…. Sadly there are no spoiler for this movie. Kamu harus menonton filmnya sendiri untuk menemukan jawabannya, sekaligus ngebentuk interprestasi sendiri tentang arti filmnya.

 

BELAHAN JIWA (2005)

Sebelum ada Kala ataupun Pintu Terlarang, Belahan Jiwa bisa dibilang salah satu film yang berhasil mengangkat plot twist. Karena sepanjang plot kita disuguhkan cerita yang bikin kita berpikir kalo film ini tuh “Cuma” tentang percintaan aja, ternyata nggak. Walaupun ada beberapa loophole, Belahan Jiwa wajib banget kamu tonton!

Belahan Jiwa bercerita tentang empat wanita bersahabat yaitu Cairo, Farlyna, Baby Blue, dan Arimby) yang tergabung dalam “Soulmates”. Mereka berempat punya karakter dan profesi yang berbeda-beda, tapi hamil dengan pria yang sama bernama Bumi). Namun tanpa mereka ketahui, Bumi ternyata juga menjalin hubungan dengan wanita lain bernama Cempaka, yang punya masa lalu misterius.

(SPOILER)

Keempat sahabat wanita ini dan Cempaka akhirnya bertemu dan bercerita kalo mereka hamil oleh pria yang sama. Kelima wanita yang marah memutuskan buat ngelabrak Bumi ke rumahnya, tapi malah ketemu sama orang yang bilang kalo rumah tersebut bukanlah rumah Bumi. Farlyna, Baby Blue, dan Arimby mengantar Cairo ke rumah sakit, di sana mereka melihat Bumi dan Cempaka lalu memutuskan buat membuntuti mereka berdua kecuali Arimby. Cairo, Farlyna, dan Baby Blue yang menyusul Arimby, ngeliat cewek ini sedang membantu Cempaka untuk kabur dari rumah sakit. Sementara Bumi yang sadar dengan gambar yang ditinggalkan Cempaka berusaha menolongnya dengan mengejarkan ke arah hutan. Cempaka yang stress karena mengetahui dia hamil dan “terdorong” intimidasi dari Cairo, Farlyna, Baby Blue, dan Arimby akhirnya memutuskan gantung diri. Di saat nyawa Cempaka meregang, di saat itu pula sosok keempat sahabat wanita itu juga menghilang.

 

SEARCHING (2018)

Plot twist keren dipadu visualisasi unik dan out of the box, Searching lah jawabannya. Yang menarik dari film ini, dari sejak awal kita seakan-akan menonton dari camera laptop, camera cctv, hingga layer youtube. Ini membuat penonton seperti berbicara langsung ke tiap karakter.

Sama kayak judulnya, film ini berkisah tentang seorang ayah bernama David Kim yang mencari putrinya yang hilang, Margot Kim, dengan bantuan detektif Rosemary Vick dan adik laki-laki David, Peter. Petunjuk yang dipunya David hanyalah laptop Margot yang berisi social media, chat, dan foto-foto pribadinya. Suatu hari, David nemuin kalo Margot suka livestreaming dan chatting via YouCast dan punya sahabat online seorang cewek bernama “fish_n_chips”, David curiga kalo dia punya hubungan dengan menghilangnya Margot. Tapi disanggah oleh detektif Rosemary yang bilang setelah diinterogasi Fish_n_chips sama sekali nggak berkaitan dengan kasus Margot. Frustasi, David berusaha menggali lebih dalam dan dari situ nemuin fakta-fakta kalo tenyata Margot nggak seperti yang dia bayangkan dan nyembunyiin banyak hal, termasuk fakta ternyata Peter bertemu Margot di malam sebelum dia menghilang.

(SPOILER!)

Sejak kematian ibunya, Margot jadi seseorang yang pendiam dan menjauhkan diri dari teman-temannya. Bahkan cewek ini bikin ID palsu dan ngambil uang lesnya untuk ditransfer ke seseorang. Margot sering menyendiri di danau yang nantinya jadi tempat di mana mobilnya ditemukan. David curiga kalo Margot dan Peter punya hubungan romantis, tapi nyatanya Margot membeli marijuana untuk meredakan depresinya. Belum reda shocknya, David diberitahu detektif Vick kalo Margot dibunuh oleh seseorang dan tersangkanya langsung bunuh diri. Ketika sedang nyiapin pemakaman Margot, David nggak sengaja nemuin foto ID Fish_n_chips terpampang di website stock photo. Bingung, David coba menghubungi langsung Fish_n_chips. Ternyatam cewek yang ada di dalam ID tersebut adalah model stock photo yang sama sekali nggak tahu apa pun tentang Margot. David yang ingin mengkonfirmasi langsung ke detektif Vick malah terhubung dengan polisi yang nggak sengaja ngebeberin kalo detektif Vick sebenarnya sukarela ngambil kasusnya, bukan diassign oleh kepolisian yang seperti dia bilang. Pelaku pembunuh Margot sendiri pun ternyata seorang sukarelawan yang pernah dibantu detektif Vick. Jadi sebenarnya siapa detektif Vick? Dan kenapa Margot jadi sasaran?  

 

ATONEMENT (2007)

Berlatar belakang perang dunia kedua, Briony Tallis adalah anak kedua dari sebuah keluarga konglomerat yang punya hobi menulis. Briony yang masih remaja jatuh cinta dengan anak penjaga rumahnya yang umurnya berselang jauh dari dirinya, Robbie. Tapi sayangnya Robbie jatuh cinta kepada kakak Briony dan melihat mereka sedang berduaan. Briony yang merasa cemburu menimpakan kesalahan kepada Robbie ketika sepupunya, Cecilia mengalami penyerangan. Padahal Briony nggak pernah melihat kejadian tersebut. Akibatnya Robbie dikirim menjadi tentang sukarelawan dan pergi ke medan perang, sementara Cecilia menjadi suster. Beberapa tahun kemudian Briony yang merasa bersalah, menemui Robbie dan Cecilia untuk meminta maaf tapi nggak ditanggapin.

(SPOILER!)

Faktanya Cecilia dan Robbie nggak bersatu. Bahkan Cecilia sendiri nggak jadi suster. Cecilia meninggal terendam di terowongan saluran air yang meledak akibat bom dan menjebak seluruh orang yang ada di dalamnya. Robbie sendiri meninggal di kamp tantara sesaat sebelum dia dijemput pulang. Briony yang sudah tua, menulis buku tentang kisahnya di mana Cecilia dan Robbie hidup bahagia bersama selamanya sebagai rasa penyesalan.

 

THE TALE OF TWO SISTERS (2003)

Bukan Korea Selatan namanya kalo tiap bikin film horror nggak ada plot twist. Sama kayak The Others, The Tale of Two Sisters adalah film psychological horror drama dengan banyak jump scare yang bikin kita jadi merinding ketakutan.

The Tale of Two Sisters bercerita tentang remaja cewek bernama Sumi yang baru keluar dari rumah sakit jiwa. Ditemani ayah dan adiknya Suyeon, Sumi kembali ke rumahnya dan di sana ia bertemu ibu tirinya, Eunjoo. Sumi sangat sayang dan protektif terhadap Suyeon yang pendiam, tapi sangat membenci ibu tirinya. Terlebih pas dia mengetahui kalo Eunjoo adalah suster yang dulu merawat ibunya yang sakit, so, practically Sumi blames everything on Eunjoo. Termasuk ketika Sumi ngeliat ada memar di tangan Suyeon, dia langsung menyalahkan Eunjoo. Kejadian demi kejadian aneh pun muncul, mulai dari Sumi yang bermimpi tentang ibunya, lalu istri paman Sumi yang bercerita kalo dia melihat hantu perempuan di dapur, dan lain sebagainya. Hingga suatu ketika, Sumi ngamuk karena Eunjoo mengunci Suyeon di dalam lemari. Tapi anehnya ayahnya yang berusaha menenangkan dia malah berbalik bilang kalo Suyeon sudah meninggal dan meminta Sumi berhenti bertingkah laku aneh.

(SPOILER!)

Selama ini, Sumi dan ayahnya ternyata hanya tinggal berdua di dalam rumah tersebut. Eunjoo yang asli pun ternyata nggak seperti yang digambarkan Sumi (dan yang kita lihat) sepanjang film di awal, karena Eunjoo dan Suyeon adalah manifestasi dari pikiran Sumi. Tapi apakah cerita berakhir di sini? Nggak, ada plot twist lain tentang Sumi, Suyeon, dan Eunjoo yang jadi awal dimulainya tragedy ini.


Foto: berbagai sumber    

Related Articles

NGOPI DULU, LALU... SELFIE !

Ngopi cantik demi dapet stock foto yang instagramable banget.

CLICK & DOWNLOAD

Ini beberapa celebrity apps yang worth it untuk kita download bareng-bareng.

NO BAKE CAKE RECIPE

Who doesn’t love cake? But to bake them is another story.

NEW IT COUPLES ALERT

Ada banyak young power couples baru yang seru untuk kita kepoin bareng. Selain Taylor & Calvin, ada siapa lagi ya?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.