Login

or


Email
Password

Whatsnow

DESTINASI KEREN DI KALIMANTAN TIMUR

Digadang-gadang sebagai Ibu Kota baru Indonesia, daerah Kalimantan Timur bukan cuma dikenal hutan belantaranya, tapi juga kelima tempat ini!

 

Bulan Agustus 2019 lalu, Bapak Presiden Joko Widodo mengumumkan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai ibu kota baru Indonesia, menggantikan Jakarta. Ada dua wilayah Kaltim yang jadi lokasi ibu kota baru, yaitu Kabupaten Penajam, Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kertanegara.

Banyak faktor yang membuat Pak Presiden memilih Kaltim jadi ibu kota baru  Indonesia, seperti resiko bencana kayak gempa dan tsunami yang minim terjadi, letak geografisnya berada di tengah kepulauan Indonesia, dan daerah yang terpilih menjadi ibu kota baru juga dekat dengan wilayah kota yang berkembang, yaitu Balikpapan dan Samarinda.

 

Selain itu, ternyata lokasi wisata yang ada di Kalimantan Timur juga nggak kalah seru lho! Berniat datang ke calon Ibu kota Indonesia ini? Jangan lupa mampir ke tempat-tempat berikut!

PULAU DERAWAN

Tujuan yang satu ini pasti udah sering banget kita dengar sebagai salah satu tujuan wisata saat berkunjung ke Kalimantan! Pulau yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini selalu jadi destinasi favorit para pecinta laut karena terkenal dengan biota laut, hewan dan tumbuhan yang beragam banget.

Selain menikmati hamparan pasir putih dan air jernih dari tepi pantai, kita juga bisa melakukan diving dan snorkelling, serta berkenalan dengan berbagai macam terumbu karang. Ekosistem bawah laut di Pulau Derawan memang sangat terjaga, sehingga banyak ikan-ikan kecil dan juga berenang bareng shark whale kalau lagi beruntung.

Nggak hanya itu, kita juga bisa melakukan wisata edukasi dengan melihat konservasi penyu, di mana kita bisa menyaksikan telur penyu sampai menetas dan dirawat, lalu dilepas kembali ke laut saat usianya sudah cukup.

Di Pulau Derawan juga cocok buat kita yang mau stay beberapa hari, karena ada banyak pilihan penginapan, mulai resort yang mewah maupun homestay dengan harga di bawah Rp 100 ribu per malam. Yuk agendakan trip ke Pulau Derawan bareng temen-temen!

 

PULAU MARATUA

Habis ke Pulau Derawan, kita bisa langsung pindah ke Pulau Maratua yang jaraknya sekitar satu jam dengan menggunakan speed boat. Tapi kalau dari Jakarta, kita bisa datang ke sini melalui Tarakan atau via pelabuhan Tanjung Redep setelah turun di Bandara Kalimarau, Berau. Selain itu kita juga bisa melakukan direct flight karena Garuda Indonesia juga udah membuka penerbangan langsung dari Balikpapan ke Maratua.

Pulau Maratua ini merupakan pulau terluar di Indonesia dan berada di perairan Sulawesi yang berdekatan dengan perbatasan Malaysia. Begitu udah sampai sana, kita bakal disuguhkan sama pemandangan yang luar biasa. Oiya, Maratua juga jadi ‘surga’ bagi kita yang hobi diving atau menyelam. Soalnya, Maratua punya banyak banget diving spot yang seru, di antaranya Turtle Traffic, Jatty Dive, Mid Reef, Eel Garden, Cabbage Garden dan sejumlah spot lainnya.

Salah satu penginapan terlengkap di Maratua adalah Maratua Paradise Resort, yang memiliki dermaga sendiri. Posisi resort juga langsung berhadapan dengan laut, dan beberapa kamar sengaja didirikan tepat di bawah bibir laut.

 

DANAU KAKABAN

Pernah nggak sih membayangkan kita bisa berenang dengan ubur-ubur dan nggak perlu takut tersengat? Hal ini bisa kita lakukan di danau Kakaban yang juga terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Ada cerita menarik dari pembentukan danau ini! Jadi, Danau Kakaban sendiri terbentuk akibat munculnya atol atau pulau karang berbentuk cincin ke permukaan laut, sekitar 1-2 juta tahun lalu. Hal itu membuat sejumlah air laut dan biota laut termasuk ubur-ubur terjebak di tengah atol, dan membentuk sebuah laguna di tengah laut. Karena terisolasi di tengah pulau selama jutaan tahun, air laut tersebut berubah menjadi air payau dan ubur-ubur di dalamnya juga beradaptasi menjadi ubur-ubur air tawar. Nggak hanya itu, karakteristik ubur-ubur di Danau -Kakaban juga berubah dan berbeda dengan ubur-ubur di laut lepas. Karena nggak ada predator yang menyerang, serta makanan yang melimpah di Danau Kakaban, ubur-ubur di sana juga nggak terbiasa memproteksi dirinya. Sehingga kelenjar nematosis atau kelenjar sengat pada ubur-ubur mengalami reduksi, sehingga nggak bisa lagi menyengat mangsanya.

Karena itu, berenang bareng banyaknya ubur-ubur di sana aman banget, dan tentunya bisa selfie bawah air sama ubur-ubur. Seru!

Tapi ada beberapa hal yang dihimbau oleh pengelola yang harus kita perhatiin nih kalau mau datang dan berenang di Danau Kakaban ini:

                       

 

BUKIT BANGKIRAI

Nggak perlu jauh-jauh ke Amazon buat merasakan sensasi berada dalam hutan, lengkap dengan pohon-pohon tinggi berdiameter besar yang penuh dengan flora dan fauna. Ternyata kita hanya perlu ke Bukit Bangkirai, yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur. Bukit Bangkirai adalah Hutan Hujan Tropis yang dijadikan objek wisata sejak tahun 1998 lalu. Kawasan wisata ini mudah banget dijangkau dari Balikpapan, hanya menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam saja. Tapi perlu diperhatiin dan ekstra hati-hati nih, track-nya cukup berbahaya karena melewati beberapa ruas jalan yang berbatu.

Bukit Bangkirai dihuni oleh kurang lebih 2.800 flora dan fauna, dengan pohon-pohon yang berusia 150 tahun dengan ketinggian mencapai 50 meter. Untuk menikmati pemandangan dan menikmati hamparan pohon dari atas, kita bisa menyebrangi canopy bridge (jembatan gantung), setinggi 30 meter. Pemandangan pohon tinggi di kanan-kiri kita kayaknya nggak akan kita dapatkan jika kita berwisata di pulau Jawa, atau tempat lainnya. Jadi ini saatnya buat beraniin diri naik sampai atas, to get a great view and fresh air up there!

 

DANAU LABUAN CERMIN

Tujuan wisata yang Instagramable banget! Danau Labuan Cermin yang berlokasi di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini emang disebut sebagai surga tersembunyi karena air yang jernih banget. Masih inget kan foto perahu yang keliatannya kayak melayang yang sempet viral di Instagram? Nah, gambar tersebut diambil di Danau Labuan Cermin.

Tapi keindahan tersebut bisa kita dapat dengan perjuangan ekstra, karena untuk mengakses lokasi Danau Labuan Cermin kita harus menghabiskan waktu sekitar 7 jam lamanya dari Bandara Kalimarau, Berau.

Lalu untuk dapat foto yang sempurna, dengan air danau yang sangat bening kita bisa datang pukul 10 pagi sampai 1 siang. Karena matahari lagi terang-terangnya sehingga menyinari air di danau sampai dalam. Danau Labuan Cermin terdiri dari air tawar dan air laut, sehingga jika jenis dua air tersebut berdampingan akan menghasilkan warna air biru kehijauan yang cantik, serta jenis ikan yang ada pun berbeda. Selain dapetin foto-foto keren dari atas, kita juga bisa melakukan snorkeling di danau ini. Lengkap banget deh buat list liburan kita di tahun ini!


Foto: Shutterstock, Instagram.com/jelajahpesisir_trip, Instagram.com/derawanhappyfun, Instagram.com/ indoflashlight,

Related Articles

NGOPI DULU, LALU... SELFIE !

Ngopi cantik demi dapet stock foto yang instagramable banget.

CLICK & DOWNLOAD

Ini beberapa celebrity apps yang worth it untuk kita download bareng-bareng.

NO BAKE CAKE RECIPE

Who doesn’t love cake? But to bake them is another story.

NEW IT COUPLES ALERT

Ada banyak young power couples baru yang seru untuk kita kepoin bareng. Selain Taylor & Calvin, ada siapa lagi ya?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.