Login

or


Email
Password

Whatsnow

CEGAH PELECEHAN SEKSUAL DI TEMPAT UMUM!

Menurut data Komisi Nasional Perempuan, tercatat 35% cewek yang mengalami kekerasan dan pelecehan seksual di tahun 2019. Tentu ini bukan angka yang kecil, karena persentase kasus kekerasan seksual ini mencapai hampir sebanyak 3.000 kasus.

Kekerasan dan pelecehan terhadap cewek udah sering jadi topik panas yang ada di masyarakat. Tapi walaupun banyak banget kasus yang akhirnya terangkat ke media, masih banyak dari kita yang belum benar-benar aware sama berbagai tindakan pelecehan seksual yang ditujukan kepada cewek. Bahkan, tindakan pelecehan itu sendiri bisa ada di sekitar dan menimpa kita sendiri tanpa disadari. Yuk kenali lebih jauh soal apa aja yang termasuk sebagai pelecehan seksual supaya kita terhindar dan nggak jadi salah satu korbannya!

 

PELECEHAN SEKSUAL NGGAK HANYA PERMERKOSAAN

Secara general, pelecehan seksual merupakan tindakan terlarang yang mengandung unsur seksual atau mengarah pada seksualitas si korbannya. Nggak hanya orang dewasa, pelecehan seksual juga rentan dialami sama anak-anak dan remaja, baik cowok ataupun cewek dengan lawan ataupun sesama jenisnya.

Selama ini, kita mungkin berpendapat kalau pelecehan seksual terhadap cewek adalah di mana korban mengalami tindakan secara aktivitas seksual seperti pencabulan ataupun perkosaan, di mana udah adanya tindakan penetrasi kelamin dengan kelamin. Tapi sebenarnya, menurut Komnas Perempuan pelecehan seksual itu punya banyak macamnya, mulai dari pelecehan secara fisik, verbal, perilaku, hingga tindakan yang melibatkan teknologi dan dunia maya. Mungkin kita sendiripun nggak terlalu sadar kalau hal-hal ini juga termasuk pelecehan seksual.

Dari poin-poin di atas, keliatan kan betapa banyaknya tindakan yang bisa tergolong jadi pelecehan seksual dan kita harus bener-bener aware sama masalah ini. Bukan berarti kita jadi sensitif, tapi kita juga perlu ngambil sikap supaya nggak disembarangin hanya karena kita perempuan.

 

PELECEHAN SEKSUAL BISA DICEGAH DAN DIATASI, ASALKAN...

Banyak korban kekerasan dan pelecehan seksual justru ogah untuk melapor dan cenderung menyalahkan diri sendiri. Akibatnya, kasus demi kasus makin banyak yang muncul karena kurangnya pemahaman dan penanggulangan atas kejadian pelecehan seksual yang terjadi. Adanya tekanan sosial, malu, dan juga hukum yang belum pro terhadap cewek jadi pemicu kenapa angka kasus pelecehan seksual masih tinggi banget. Di satu sisi, hal ini juga bikin korban tersudutkan dan tertekan, bahkan hingga depresi.

Nggak ada satupun cewek yang mau jadi korban pelecehan seksual. Sebelum terjadi, kita bisa melakukan cara-cara ini untuk mencegah terjadinya pelecehan seksual dari segi tindakan apapun.

Sebaliknya, kalau kamu adalah salah satu korban dari pelecehan seksual, cara ini mungkin bisa membantumu untuk kembali bangkit di masa-masa pemulihan.


Foto: Shutterstock

Related Articles

NGOPI DULU, LALU... SELFIE !

Ngopi cantik demi dapet stock foto yang instagramable banget.

CLICK & DOWNLOAD

Ini beberapa celebrity apps yang worth it untuk kita download bareng-bareng.

NO BAKE CAKE RECIPE

Who doesn’t love cake? But to bake them is another story.

NEW IT COUPLES ALERT

Ada banyak young power couples baru yang seru untuk kita kepoin bareng. Selain Taylor & Calvin, ada siapa lagi ya?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.