Login

or


Email
Password

Whatsnow

BEAUTY DICTIONARY: 8 ISTILAH MAKEUP YANG SERING DIUCAPIN BEAUTY ENTHUSIAST

Buat yang suka nontonin YouTube-nya beauty vlogger, atau suka baca review dari beauty blogger, kita sering nemu istilah-istilah dalam bahasa inggris yang suka ngebingungin. Padahal kan ngeliat review dari para beauty guru biar ngerti 100 persen, tapi kok istilah-istilah yang dipake jarang banget kita denger ya? Nah Happy Females, di artikel ini kita bakal bahas 7 istilah yang paling sering dipake dalam dunia beauty. Read on!

Ashy

Sebenernya istilah ini diambil dari kata ash atau abu. Nah, biasanya kata ashy ini sering dipake dan diucapin saat bedak, foundation, atau BB Cream yang dipake nimbulin tone warna keabu-abuan di kulit karena lebih terang dan malah keliatannya nggak menyatu sama kulit. Yikes!

Fallout

Istilah ini biasanya digunain buat ngomentarin eyeshadow yang bubuknya berjatuhan ke bawah pas lagi diaplikasiin. Ngeguanin eyeshadow dengan tekstur yang gampang fallout sebenernya ngak nyaman karena bisa dengan instan bikin riasan muka kita cemong karena warna eyeshadow yang dipake. Sebaiknya tadahin dengan tissue saat ngegunain eyeshadow bubuk ya.

Dupe

Kata dupe diambil dari kependekan duplicate. Eits, tapi bukan berarti palsu lho. Istilah dupe ini biasa dipake buat ngasih perbandingan antara beberapa produk yang mirip mulai dari warna, kualitas, dan kalo di dalam dunia makeup, dupe ini merujuk ke produk yang lebih murah, jadi kita punya alternatif produk yang mirip tanpa harus ngeluarin uang banyak.

Baking

Nope, it’s definitely not about baking cake. Istilah ini merujuk ke teknik makeup yang bisa ngasih hasil makeup keliatan lebih flawless dan bikin riasan lebih tahan lebih lama. Disebut teknik baking karena sebenernya kita mengandalkan suhu panas tubuh to make our makeup set. But it’s not literally baking our face, tapi setelah ngegunain foundation dan concealer, kita bubuhin translucent powder yang cukup tebal ke area yang pengen keliatan lebih menonjol dan biasanya diberi highlite, kayak dahi, hidung, dan under eye. Setelah didiamkan selama 10-15 menit, kita bisa bersihkan sisa bedak tadi dengan brush. Teknik ini juga sebenernya bagus buat kita yang berkulit berminyak, karena bisa nahan minyak di muka lebih lama.

Smudge

Ada dua arti saat ngegunain istilah ini. Yang pertama adalah teknik ngebaurin produk eye makeup, terutama eyeliner yang dibaurkan dengan aplikator semacam sponge atau kuas supaya ngasih hasil soft smokey eyes. Dan yang kedua adalah saat riasan mata luntur karena terkena air atau minyak berlebih di kulit. Kalo biasanya kita pake kata beleber, nah istilah smudge ini maksudnya sama.

Opaque

Dari arti dalam bahasa inggris yang berarti buram atau nggak tembus cahaya, opaque dalam kamus beauty punya arti yang agak mirip sama pigmented, artinya warna yang dikeluarin oleh produk tersebut pekat, jelas, dan sampe mampu nutup permukaan kulit dengan baik. Istilah ini biasanya dipake buat ngejelasin intensitaswarna suatu produk makeup, kayak lipstik, blush on, ataupun eyeshadow.

Clumpy

Istilah ini biasa diguanin buat ngegambarin kondisi bulu mata yang menggumpal karena pemakaian maskara dan bikin helai-helainya nempel satu sama lain. Walaupun keliatannya bikin bulu mata tebal, beberapa cewek justru ngehindarin banget ngegunain maskara sampe clumpy begini karena bikin bulu mata terkesan nggak natural.

Creasing

Creasing ini biasanya digunain buat ngejelasin kondisi eyeshadow atau concealer yang luntur karena keringat atau minyak, dan mulai nimbuin garis-garis di kelopak mata dan bagian bawah mata. Buat ngehindarin creasing, biasanya kita diharusin pake primer yang bisa ngasih ketahanan pada eyeshadow dan bikin warnanya lebih keluar.

 


Images : Shutterstock.com

Related Articles

NGOPI DULU, LALU... SELFIE !

Ngopi cantik demi dapet stock foto yang instagramable banget.

CLICK & DOWNLOAD

Ini beberapa celebrity apps yang worth it untuk kita download bareng-bareng.

NO BAKE CAKE RECIPE

Who doesn’t love cake? But to bake them is another story.

NEW IT COUPLES ALERT

Ada banyak young power couples baru yang seru untuk kita kepoin bareng. Selain Taylor & Calvin, ada siapa lagi ya?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.